Dharma Agung https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung <ol> <li><strong>Journal Title:</strong> <a href="https://sttsabdaagung.ac.id/e-journal/index.php/sesawi">Dharma Agung: Jurnal PkM Teologi dan Pendidikan Agama Kristen</a></li> <li><strong>Initials:</strong> Dharma Agung</li> <li><strong>Frequency:</strong> April And October</li> <li><strong>Online ISSN:</strong> 3031-4135</li> <li><strong>Editor in Chief:</strong> Melyarmes Hodner Kuanine</li> <li><strong>DOI Prefix: </strong></li> <li><strong>Publisher:</strong> Sekolah Tinggi Teologi Sabda Agung</li> </ol> en-US melyarmeskuanine@gmail.com (Melyarmes Hodner Kuanine) yesrierik@gmail.com (Yesri Esau Talan) Tue, 30 Apr 2024 14:29:54 +0800 OJS 3.3.0.12 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EDUKASI MASYARAKAT MELALUI KOPERASI MIKRO “MANEKAN” SEBAGAI SOLUSI MENGURANGI KEMISKINAN PADA KELOMPOK MASYARAKAT DI SURABAYA https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung/article/view/15 <p>Kajian ini mengarahkan pada suatu permasalahan mengenai edukasi masyarakat melalui koperasi mikro sebagai solusi mengurai kemiskinan. Hal ini menjadi salah satu alasan peneliti tertarik untuk mengkaji lebih mendalam mengenai keberadaan koperasi mikro “Manekan” sebagai alternatif dalam menjawab tantangan kemiskinan. Kajian ini termasuk deskriptif kualitatif dengan teknik mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil kajian yang diperoleh terkait dengan perencanaan yang dilakukan koperasi Manekan melalui kesepakatan bersama sebagai landasan berdirinya koperasi ini. Prinsip ini sebagai ujung tombak dalam membangun, menata dan mengatur segala kegiatan koperasi ini. Prinsip mendasar yang terus dipelihara melalui kesepakatan merupakan fator pendukung utama koperasi dalam membangun sinergi yang kokoh antar anggota koperasi Manekan. Meskipun terdapat faktor penghambat yang sering timbul dalam roda perputaran koperasi Manekan yang dipengaruhi oleh arus kemajuan teknologi, namun kesepakan bersama yang dianut sebagai pelindung dalam koperasi ini telah menjawab tantangan-tantangan yang menguji arus perjalan koperasi manekan yang terus kokoh sampai saat ini.</p> Melyarmes Kuanine Copyright (c) 2024 Dharma Agung https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung/article/view/15 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800 IMPLEMENTASI INOVASI PICTURE SEBAGAI STRATEGI DALAM MENGAJAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ALKITAB ANAK-ANAK SEKOLAH MINGGU GEREJA REHOBOT ALLAH BAIK https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung/article/view/14 <p>Pelajaran di sekolah minggu masih menjadi krusial bagi anak, utamanya usia dini. Hal ini disebabkan guru belum menerapakan metode yang tepat agar diperlukan di dalam kelas sekolah minggu sehingga terkesan pembelajaran sekedar rutinitas saja. Salah satu alternatif yang sesuai untuk menjawab problem ini dengan penerapan metode picture atau gambar yang berorientasi pada keaktifan dan kerjasama anak yang menekankan pembelajaran pada gambar. Tujuan pelaksanaan pengabdian ini untuk meningkatkan pemahaman anak mengenai makna pembelajaran dengan tampilan gambar. Metode yang dilakukan dalam kajian ini bersifat deskriptif yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena yang ada yang terjadi saat ini. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode picture atau gambar dapat meningkatkan pemahaman anak mengenai cerita alkitab.</p> Levi Lefta Copyright (c) 2024 Dharma Agung https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung/article/view/14 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800 PENYULUHAN MODERASI BERAGAMA SEBAGAI NILAI TOLERANSI DI SD ANA MARITIM SURABAYA https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung/article/view/13 <p>Keanekaragaman suku, budaya, bahasa, adat istiadat, agama, dan aliran kepercayaan membuat Indonesia menjadi negara yang kaya. Oleh karena itu, penting untuk memahami nilai toleransi dalam menghadapi keragaman ini. Nilai toleransi dapat diperoleh melalui penyuluhan-penyuluhan moderasi. Penyuluhan moderasi adalah ceramah yang bersifat pencerahan untuk menerangi atau membetulkan sesutu pandangan atau tindakan yang salah. Penyuluhan moderasi yang dilakukan oleh STT Sabda Agung di SD Ana Maritim mengacu pada 2 tujuan, yaitu mengangkat nilai-nilai positif berkaitan dengan toleransi beragama agar diteladani oleh pembaca dan memperkuat serta mengembangkan nilai toleransi yang sudah ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukanya 2 rahasia toleransi yang ditanamkan pendidik sebagai bekal bagi sekolah-sekolah yang multikultural.</p> Risma Nubatonis, Dyulius Thomas Bilo Copyright (c) 2024 Dharma Agung https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung/article/view/13 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800 MEMBERIKAN PELATIHAN MENULIS DI PLATFORM KOMPASIANA KEPADA DOSEN-DOSEN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DI STT SABDA AGUNG https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung/article/view/12 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan implementasi pelatihan menulis di platform Kompasiana sebagai upaya untuk meningkatkan literasi di Sekolah Tinggi Teologi Sabda Agung (STTSA). Metode yang digunakan melibatkan penyusunan kurikulum pelatihan, penyelenggaraan workshop interaktif, sesi pelatihan online, mentoring individu, tugas praktis, evaluasi dan umpan balik, serta pemantauan dan dukungan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan menulis di platform Kompasiana efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis dan literasi di kalangan dosen-dosen STTSA. Artikel-artikel yang dihasilkan oleh peserta pelatihan juga berhasil memperluas pengaruh penelitian dan pemikiran akademis mereka kepada masyarakat luas. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan program pelatihan menulis yang berkelanjutan dalam meningkatkan literasi di lingkungan pendidikan tinggi, serta peran penting platform daring dalam memfasilitasi komunikasi dan pertukaran pengetahuan.</p> Yesri Esau Talan Copyright (c) 2024 Dharma Agung https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung/article/view/12 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800 EDUKASI MENGHAFAL AYAT ALKITAB ANAK SEKOLAH MINGGU GKSI JEMAAT PATMOS SUAK PAUH https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung/article/view/10 <p>Penelitian ini menggunakan pendekatan pengamatan lapangan yang langsung mencoba menjawab masalah yang terjadi ditengah-tengah kehidupan anak sekolah Minggu. Salah satu masalah yang ada adalah sebagian anak-anak mengatakan bahwa orangtua enggan mengajari mereka di rumah belajar Alkitab. Melihat masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi menghafal ayat Alkitab sebagai tindakan mendorong anak-anak cinta Firman Tuhan. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pemahaman secara sistematis kepada mereka yang ada disana. Hasil dari kegiatan ini telah membuat anak-anak sekolah Minggu GKSI Patmos Suak Pauh menjadi lebih antusias dan semangat belajar Alkitab karena mereka dibimbing dan memahami secara perlahan. Kegiatan ini harus menjadi alternatif lain dan metode baru dalam mendorong anak sekolah Minggu belajar Alkitab.</p> Balas Budi Lahagu Copyright (c) 2024 Dharma Agung https://e-journal-dharmaagung.sttsabdaagung.ac.id/index.php/dharma-agung/article/view/10 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0800