SOSIALISASI METODE MENGAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BAGI GURU PAK DI SD ANA MARITIM SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memahami potensi anak berkebutuhan khusus sehingga melalui sosialisasi ini guru memiliki kesadaran dalam mengoptimalkan perkembangan kebutuhan anak dengan tepat. Pada tataran proses kegiatan membimbing anak yang berkebutuhan khusus mewarnai interaksi antara guru dengan anak dalam mencapai tujuan yang ditentukan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi Pustaka yang mendeskripsikan arah dan tujuan dari penelitian ini. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah cara komunikasi, analisis tugas, instruksi langsung dan modelling. Harapan pada guru dalam melaksanakan pembelajaran pada anak yang berkebutuhan khusus perlu direncanakan dan dilaksanakan secara konsisten. Dalam memenuhi harapan tersebut bukanlah sesuatu yang mudah. Mengingat bahwa anak yang berkebutuhan khusus memiliki karakteristik yang tidak sama baik dengan minat, potensi, kecerdasan dan upaya sungguh-sungguh dari anak yang berkebutuhan khusus. Dalam proses belajar mengajar kemampuan berpikir anak tidak maksimal sehingga dalam proses pembelajaran berjalan lancar.