EDUKASI GURU PAK DALAM MENGGUNAKAN DIGITAL CERDIK PADA GENERASI Z DAN ALPHA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER KRISTEN DI PANTI ASUHAN SUMBER KASIH SURABAYA
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat telah membawa dampak signifikan terhadap pola pikir dan perilaku Generasi Z dan Alpha, termasuk di lingkungan Panti Asuhan Sumber Kasih Surabaya. Penggunaan teknologi tanpa bimbingan yang tepat berisiko menyebabkan kemerosotan moral dan krisis karakter. Diperlukan peran guru PAK dalam mengedukasi penggunaan teknologi digital secara bijak melalui metode digital cerdik (cerdas, etis, religius, disiplin, inovatif, dan kreatif). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru PAK dalam membangun karakter Kristen pada anak melalui pendekatan edukasi digital yang berbasis nilai-nilai Kristiani. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi literatur. Data dikumpulkan dari guru PAK, anak panti asuhan Sumber Kasih, serta pengelola panti asuhan untuk memahami implementasi digital cerdik dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital yang dikombinasikan dengan nilai-nilai Kristiani mampu membantu membentuk karakter anak yang berlandaskan iman, etika, dan moral yang kuat. Guru PAK berperan sebagai fasilitator dan pembimbing dalam mendampingi anak agar dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana pembelajaran dan penguatan karakter. Novelti penelitian ini terletak pada pendekatan digital cerdik sebagai metode inovatif dalam edukasi berbasis digital yang tidak hanya menanamkan literasi teknologi, tetapi juga memperkuat nilai-nilai Kristen dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pendidikan berbasis digital yang efektif untuk membentuk karakter Kristen di era teknologi.