MEMBERIKAN PELATIHAN MENULIS DI PLATFORM KOMPASIANA KEPADA DOSEN-DOSEN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DI STT SABDA AGUNG

Vol 1. No. 2 April 2024

Authors

  • Yesri Esau Talan Sekolah Tinggi Teologi Sabda Agung

Keywords:

Pelatihan menulis, Kompasiana, Dosen-dosen STTSA, Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan implementasi pelatihan menulis di platform Kompasiana sebagai upaya untuk meningkatkan literasi di Sekolah Tinggi Teologi Sabda Agung (STTSA). Metode yang digunakan melibatkan penyusunan kurikulum pelatihan, penyelenggaraan workshop interaktif, sesi pelatihan online, mentoring individu, tugas praktis, evaluasi dan umpan balik, serta pemantauan dan dukungan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan menulis di platform Kompasiana efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis dan literasi di kalangan dosen-dosen STTSA. Artikel-artikel yang dihasilkan oleh peserta pelatihan juga berhasil memperluas pengaruh penelitian dan pemikiran akademis mereka kepada masyarakat luas. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan program pelatihan menulis yang berkelanjutan dalam meningkatkan literasi di lingkungan pendidikan tinggi, serta peran penting platform daring dalam memfasilitasi komunikasi dan pertukaran pengetahuan.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles